0

Tips Agar Tidak “Loyo”

Pernah nggak kamu merasa malasnya minta ampun. Mau apa saja badan ini terasa berat digerakkan. Sudah mencoba mencari-cari pemicu semangat tetapi tetap tidak berhasil. Mood ini sangat bisa mempengaruhi performa kita. Yang ke kantor biasanya jam 9 sekarang jadi jam 11 siang.. ups. Molor banget kan.. belum lagi kerjaan yang punya deadline pasti beratnya minta ampun.

Karena saya sudah hopeless tidak bisa mencari dalam diri pemicu semangat saya akhirnya saya coba browsing di internet. Tadaaaa… dapat nih. Artikel dari Mental Health yang (kemungkinan) bisa berhasil. Yuk kita simak satu-satu

1. Pick one “spoil-me” task to do.

Coba tengok isi task to do di catatan kita atau di kepala kita. Melulu kerjaan kan?Ini sudah pasti membuat kepala jadi lebih berat so akhirnya susah diangkat dari bantal :D. Tips yang ini menarik. Tulis satu saja tugas yang harus dilakukan untuk memanjakan diri sendiri, jangan banyak nanti malah kerjaan gak beres hihihi.

2. Eat a well-balanced meal.

Ternyata pilihan menu untuk sarapan juga berpengaruh bagi mood biar semangat ini. Makanan yang berisi karbohidrat dan protein selain sehat juga bisa membuat kenyang sampai makan siang. Oatmeal atau roti dengan selai kacang adalah pilihan pas, ditemani dengan teh hitam bagus katanya. Walaupun bagi saya untuk makan oatmeal itu harus ada tambahan semangat lagi 😀

3. Get some fresh air.

Hidup di lingkungan padat memang sulit dapat udara segar. Maunya sih tinggal di pengunungan sekitar Jakarta tapi yang masalah begitu ke kantor ketemu macet fresh airnya gak ngefek lagi. Sepertinya saya harus menanam tanaman pot di teras kosan, jadi kalau pas bangun pagi saya bisa duduk berdampingan dengan pot untuk dapat udara sejuknya (kali) 😀

4. Listen to the sounds of nature.
Ini susah, di Jakarta mana ada sound of nature. yang ada bunyi klaksok orang yang lagi emosi di jalan. Mau gak mau kita pakai artificial. Yah pakai ipod lah mungkin ada tuh applikasi yang berisi bunyi2an alam, seperti laut, sungai, hujan dsb. Nama aplikasinya Relax Melodies bisa juga didengar sambil meditasi. Adem..

5. Focus on feeling good.
Kata om  McKay, PhD, a psychologist  “Imagine that, even when you encounter frustrations and surprises, you will remember to breathe and respond mindfully—rather than react mindlessly—to your circumstances,”  dengan kata lain, jangan lupa bernafas hihihi.. Benar sih kadang kita bernafas tapi kita tidak menyadarinya. Perlulah sesekali mengikuti aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru kita. Itu akan membuat perasaan jadi enak.

6. Drink hot chocolate.

Saya gak ngerti, ini sama gak dengan makan coklat :p Tapi sebenarnya hot chocolate memang enak, tapi saya lebih milih air putih soalnya malas seduhnya 😀

7. Take a moment to assess yourself.

Seperti penyatuan antara badan dan jiwa. Begitu terbangun jangan buru-buru lompat dari tempat tidur. Bersyukur akan napas (untung gak bablas kan tidurnya), sedikit meregangkan otot-otot itu penting. Jadi ingat bayi kalau pas bangun mereka suka streching dengan muka yang merah.. lucuuu. Itu pasti natural dan penting soalnya mereka belum tau apa-apa tapi sudah selalu melakukannya.

8. Envision the negative.

Kata orang tua jangan tebang ilalangnya, tapi biarkan bunga-bunganya yang berkembang. Jangan fokus sama hal negatif atau berusaha meniadakannya, tetapi penuhi pikiran dengan hal yang positif dan menyenangkan, biar tidak ada lagi tempat buat si negatif untuk mencoba memperburuk mood kita. Membayangkan Marc Anthony juga salah satu hal positif yang menyenangkan bukan?

9. Breathe in some mint.

Sepertinya saya harus ganti aroma therapy untuk pagi hari. Mint katanya bisa memicu semangat. Tapi memang saya butuh aroma therapy setiap pagi, soalnya bau got di sebelah sehabis hujan itu masuk sampai di kamar.

10. Smile.

Last but not least. Senyum. Selain membuat mood kita menjadi lebih baik. Senyum juga membuat mood orang lain jadi enak juga. Coba aja lihat orang-orang masih pagi trus cemberut. Kita juga jadi ketularan deh, ikutan cemberut. Paling asik sih kalau sambil dandan sambil senyum. Anggap saja lagi latihan untuk di tivi senyum di atas panggung sebelum konser.. (masih mimpi kali ini)

Read more: Mental Health – Morning Mood Boosters at WomansDay.com – Woman’s Day

Nah.. demikian beberapa tips jika sedang loyo. Jangan loyo yah.. tetap semangat untuk menikmati hal-hal yang indah di sekitar kita.. SEMANGAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *