0

Semangat itu Bisa dari Mana Saja

Sepulang kerja dengan perjalanan panjang setiap hari adalah titik terendah dari energi bagi saya. Saya selalu merasa sore menjelang malam itu adalah waktu yang krusial, dan ‘pertarungan’ di perjalanan untuk bisa sampai kembali ke rumah adalah perjuangan setiap hari.

Semalam, seperti biasa saya harus transit di stasiun Cakung untuk bisa lanjut ke Kota Harapan Indah dengan Go-Jek. Di stasiun ini sudah ke tiga kalinya saya bertemu dengan kucing belang hitam putih. Sepertinya dia masih ABG, dan mungkin stasiun adalah rumahnya. Sebelum-sebelumnya saya cuma menyapanya seperti biasa, sepertinya dia sangat mudah akrab dengan manusia. Menanggapi setiap panggilan saya, mungkin berharap sesuatu seperti makanan yang bisa jadi menjadi kebiasaan orang yang memanggilnya.

Semalam, saya merasa berbeda. Di suasana yang penat dan melelahkan saya bahkan menemukan cahaya energi yang tak terhingga di matanya yang berwarna kuning keemasan. Dia memandang saya dengan antusias setelah mendengar panggilan dari saya. Sesuatu yang aneh menjalari tubuh saya. Kucing yang kakinya buntung di ujungnya mungkin karena pernah terlindas kendaraan, memiliki semangat yang berlipat ganda dari saya yang tidak cacat secara fisik.

Seketika saya tersadar, kenapa saya hanya memusatkan perhatian saya pada diri sendiri. Tentang usaha setiap hari yang saya jalani. Dia yang tak tentu harap untuk dapat makan pun bisa memancarkan aura keriangan pada matanya. Antusias bertemu dengan saya, dan mungkin juga orang lain.

Perubahan pandangan ini membuat saya seperti mendapatkan energi chargeran bermega watt.  Saya kembali merasa bersemangat di jam yang seharusnya lelah. Sepanjang perjalanan diboncengan pak Go-Jek saya terus merepetisi pemikiran baru saya ini.

Ya seharusnya saya bisa seperti kucing kecil tersebut, tidak kuatir tentang keadaan diri sendiri, kehidupan yang akan datang dan menikmati setiap suitan yang ada sebagai kejutan-kejutan hidup yang menjanjikan.

Thank you little cat, I promise I will bring you something to respond the energy you gave me…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *