0

Menulis dan Berbagi

Terus terang,  saya tidak pernah  berpikir untuk menjadi Blogger. Tetapi memiliki wadah menulis dan bisa berbagi adalah hal yang menyenangkan.  Awal  bulan November 2006, adalah saat pertama saya menorehkan tulisan yang bisa dibaca oleh semua orang. http://alwaysmamie.blogspot.com/2006/11/welcome-mamie.html

Rasanya menyenangkan, seakan semua yang saya rasakan saya ingin bagikan ke semua orang. Tetapi seiring dengan waktu yang berlalu, kedewasaan dalam menorehkan huruf-huruf yang terangkai menjadi makna semakin nyata. Saya tidak bisa “semaunya”. Walaupun ada yang ingin saya ungkapkan, memperhatikan perasaan dan pemahaman yang bisa keliru oleh orang lain perlu dijaga.

Saya hingga kini tetap menulis, walaupun butuh managemen waktu dan komitmen untuk bisa tetap menulis. Kegiatan lain yang menyita waktu mungkin memang menjadi halangan yang paling utama untuk tetap bisa disebut sebagai blogger.

Apalagi, banyaknya platform sosial media yang lebih praktis dan singkat juga membuat blog terasa tidak efektif lagi. Tetapi bagi saya penting karena masih punya ruang untuk bisa menjelaskan inti dari pernyataan pikiran saya, mencegah orang berpendapat berbeda, itu saja.

Satu hal yang membuat saya “betah” menjadi blogger adalah Komunitas. Beruntungnya saya telah tergabung dalam Anging Mammiri, komunitas blogger Makassar yang benar-benar didasari dari rasa kekeluargaan. Sampai sekarang pun saya masih sering berkumpul dengan teman-teman sekomunitas walaupun sudah pindah di ibu kota. Kenyataanya memang blog menyatukan kami. Saya tidak lagi merasa asing, karena saudara saya ada di mana-mana.

Keberagaman latar belakang kami tidak membuat kami berbeda, justru membuat warna yang lebih menguatkan jaringan kami. Walaupun sekarang banyak diantara teman-teman sudah jarang mengisi blog dengan pikiran-pikiran brilian mereka tetapi keseharian menggambarkan bahwa teman-teman semua memiliki keahlian di bidang masing-masing, dan itu memperkaya saya.

Satu kelemahan yang tadi saya sebutkan adalah kurangnya waktu. Oleh karena itu saya sendiri berkomintmen terhadap pribadi. Minimal satu tulisan harus saya posting di setiap weekend, saya tidak terlalu mempedulikan isi dan kualitas dari tulisan, tetapi konsistensi adalah penting untuk melatih saya untuk lebih disiplin dalah hal sekecil apa pun.

Saya berharap persaudaraan kami di Anging Mammiri tetap terjaga,  dan kebiasaan saya menulis di blog juga tetap konsisten. Tetap pada niatan awal, menulis dan berbagi…

Selamat Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2014

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *