Keluarga · Sehari hari

Menjejaki Silsilah Keluarga Melalui Nama

Ibu saya sampai sekarang menyimpan buku silsilah marga Ceng (). Marga dari ayah saya suku Hakka (Chinese). Buku itu adalah daftar keluarga yang dimiliki oleh marga dari keluarga dengan tujuan untuk tetap bisa berhubungan dengan para keluarga besar. Saya masih ingat waktu buku itu dibuat saya masih di Sekolah Dasar. Konfirmasi waktu itu hanya memakai telpon rumah saja.

Sejak ayah saya meninggal, ibu saya mulai kuatir. Kita mulai terpisah jauh dari keluarga ayah dan buku silsilah pun pasti sudah tidak terupdate dengan baik. Hubungan dengan keluarga ayah memang tidak terlalu dekat, mungkin juga karena marga hanya sedikit jumlahnya. Kekuatiran ibu saya jelas. Dua putra pembawa marga dari ayah masing masing punya putra 1, dengan demikian itu akan berlanjut terus. Karena marga Chinese dibawa oleh kaum pria.

Saya yang juga penasaran akhirnya mulai mengingat-ingat nama yang diberikan oleh ayah saya. Akhirnya dengan bekal teknologi dan om gugle tentunya saya akhirnya bisa mempunyai catatan tentang nama saya.

美兰 (Ceng Mei Lan) Marga Ceng adalah dari suku Hakka atau lebih dikenal dengan istilah Khe’. Suku ini terbilang sedikit di China. Karakter Mei yang saya kenal justru dari tulisan kanji (bahasa Jepang) yang dibaca utsukushii yang artinya lovely atau cantik. Sementara Lan menurut ayah saya artinya putri yang bungsu. Namun berdasarkan sumber lain, Lan juga bisa berarti orchid atau elegant.

Penggantian nama yang harus di Indonesiakan karena berubah warga negara menjadikan saya sebagai Lily. Saya sendiri menganggap diri saya sebagai water-lily bunga teratai yang filosofinya juga dalam.

mei-lan-sign

Dalam pencarian saya terdapat juga hal yang lucu. Nama Mei Lan ternyata juga nama seekor panda yang lahir di kebun binatang Atlanta yang berarti Atlanta Beauty. Nama Mei Lan memang lebih cocok untuk perempuan, tetapi setelah ilmuwan dari China datang mengecek, ternyata panda tersebut berkelamin jantan. Mei Lan juga menjadi Panda Ambassador untuk International NGO : World Wild Foundation dan Earth Hour

Mei lan & Mei lan
Mei lan & Mei lan

Saya juga menemukan referensi judul buku yang dikarang oleh Zeng, Lingcun,曾令存. berjudul, “Hakka (Chinese people) Chinese literature 20th century History and criticism” Menilik namanya berarti dia seangkatan dengan saya dan saudara-saudara saya. Huruf 令 (Lin) di tengah menandakan tingkatan dari silsilah. Nama tengah yang sama yang dimiliki oleh kakak kakak lelaki saya. Sepertinya buku ini akan menjadi referensi yang bagus untuk menambah wawasan saya mengenai suku Hakka.

Saya yakin, nama adalah doa yang dipanjatkan terus menerus oleh orang tua kita. Setiap kali dipanggil atau dipikirkan, kita pasti mendapat rahmat dari nama tersebut. Itu yang saya yakini. Oleh karena itu saya bersyukur nama yang diberi dan semoga harapan orang tua saya melalui nama ini akan tercapai sampai pada waktunya.

5 thoughts on “Menjejaki Silsilah Keluarga Melalui Nama

  1. Saya juga bermarga Ceng, nama saya 曾英雄 salam kenal. Saya juga memiliki rasa penasaran sama dengan anda soal silsilah keluarga dan marga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *