Komunitas · Uncategorized

Lagi, soal regenerasi

Semalam @paccarita ngumpul di mamah kota, agendanya sebenarnya cuma menyambut pak ketua Ahmad Maulana alias kakak Made yang kebetulan berkunjung. Seperti biasa janjian di mamah kota selalu saja molor,  kepentingan beragam dari para penyuka tantangan di ibukota yang jadi alasannya.

Sekitar jam 9 pm lewat baru bisa berkumpul lengkap,  sesuai daftar yang mau hadir.  Pembicaraan awal ringan ringan saja tetapi makin malam makin berat,  persoalan komunitas

Saya masih ingat betapa semangatnya kami kami ini beberapa tahun lalu.  Setiap kegiatan diisi dengan keriuhan berdiskusi, semangat di setiap pertemuan dan ikatan itu masih terasa hingga sekarang.

Semakin berjalan waktu masing masing mulai sibuk dan fokus dengan kehidupan pribadi yang memang semakin mengarahkan tanggung jawab yang lebih spesifik.  Intensitas pertemuan semakin berkurang kegiatan pun dipaksakan harus ada untuk sekadar menjaga eksistensi.

Trendnya memang demikian,  bahkan sudah banyak komunitas komunitas seangkatan yang mati suri semuanya dengan masalah yang sama,  regenerasi.

Mungkin memang konsep komunitas sudah saatnya direview.  Tujuan dan manajemen jangka panjang harus ditentukan dari sekarang.  Bukan lagi sekadar “tempat kumpulnya blogger Makassar ”

Mewariskan semangat komunitas itu sulit,  memang dibutuhkan komitmen dan orang orang yang tanpa pamrih bahkan resiko berkorban waktu dan tenaga.

Pembicaraan mengenai pengganti kakak Made ini memang sudah lama prosesnya, tetapi tetap terbentur dengan keterbatasan anggota yang bisa menjadi pewaris,.

Akhirnya buku kecil Ntan Baiduri yang dibeli di Muji menjadi saksi plus minus teman teman yang dianggap bisa mengemban tugas lanjutan.  Memang sudah nampak mengerucut.  Semoga Anging Mammiri bisa tetap exist bahkan lebih baik ke depannya.

Semangat!

9 thoughts on “Lagi, soal regenerasi

  1. Huahahaha pembivaraan semalam berbuah jadi postingan 😀 mantap!
    Saya masih ngeblog sih, tapi kunjungan kr blog memang sufah berkurang :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *