0

Kok Jadi Jarang Menulis?

Pertanyaan itu muncul ketika saya mengingat blog saya ini. Iya, kok jadi jarang menulis? Kan lumayan nih biaya hosting dan domain yang pertahun dibayarkan. Trus hasilnya apa dong kalau cuma bikin blog ini melempem, gak ada gerakan sama sekali.

Sering sih sebeneranya pas jalan-jalan dapat ide, tapi pas tiba di depan PC udah hilang lagi semangatnya. Eh selain semangat sih jadinya saya selalu berpikir bagaimana cara menulis yang bagus, yang bikin orang senang baca, yang bakalan dipuji sama orang, dsb. Tapi rupanya itu yang membuat saya menjadi ‘malas’

Yah, saya seharusnya tidak perlu peduli dengan apa pendapat orang tentang tulisan saya. Toh saya membuat blog ini untuk berbagi, tanpa intensi yang lain. Jika saya tetap berpikir bagaimana cara menulis yang baik (dan memang banyak teorinya) saya jadinya sama sekali tidak menulis.

Saya merasa semakin banyak ‘aturan’ tentang cara menulis yang baik semakin membuat ide saya terpenjara. Itu bagi saya loh, belum tentu berlaku bagi orang lain.

Tapi mulai sekarang saya tidak ingin lagi mempedulikan apa pendapat orang tentang tulisan saya. Yang ingin saya fokuskan adalah bagaimana supaya ide-ide saya dapat mengalir dengan sendirinya. Mungkin saja dengan begitu cara saya menulis akan lebih baik, ya semoga saja.

Mungkin ini juga menggambarkan pribadi saya yang memang tidak suka dengan berbagai aturan, apalagi jika aturan tersebut dibuat oleh sekelompok orang. Bukan berarti saya tidak ingin diatur, tetapi aturan itu hendaknya datang dari dalam diri dimana kita merasa pantas dan nyaman. Dan seperti itu akan lebih baik karena datang dari dalam diri dan tidak hanya karena ingin mengikuti orang lain atau bahkan ingin dibilang baik atau bagus.

Semoga dengan keputusan ini, tulisan saya di blog ini makin bertambah. Dan apa yang saya pikirkan dan rasakan bisa tertuang seperti air yang mengalir. Keep on blogging and be as you are!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *