Uncategorized

Just Keep Swimming…

Sudah berapa ribu kali kah kita menangis? sudah berapa banyak orang yang menurut kita, tega menyakiti kita? sudah berapa kali kesedihan datang sebagai tamu yang tidak diundang? Mungkin menghitungnya kembali pun bisa hati ini perih. Luka itu tidak pernah sembuh, cuma dibalut dengan kata-kata yang membuatnya menjadi “wajar”

Tidak ada manusia yang tak pernah merasakan sedih, gagal, dikhianati, merasa tidak mampu, bahkan difitnah, dipinggirkan.

Saya pun pernah merasa demikian. Cobaan yang bagi para orang tua adalah ujian yang membuat kita kuat, pernah saya anggap itu hanya sekadar penghiburan.

Dory, bukan ikan yang biasa. Dengan short-term memory lost dia memang bisa melupakan apa yang baru saja terjadi atau yang sudah berlalu. Saya ingin seperti Dory, dengan demikian saya tidak akan pernah merasa sakit hati dengan perkataan orang. Melupakan orang yang menyakiti tidak atau dengan sengaja. Bahkan melupakan kejadian yang bisa membuat bantal basah dan dada yang tiba-tiba menyempit.

Dory memiliki hati yang tulus. Tidak peduli dengan keadaanya, kasih sayangnya penuh diberikan kepada orang-orang (ikan-ikan) disekitarnya. Sayangnya di film tidak ditunjukkan bahwa sebenarnya selain dunia yang kejam, ada orang-orang di sekitar pun yang bisa lebih kejam.

Betapa ringannya hidup Dory, jika memang short-term memory lost yang membuat dia demikian, berarti seharusnya saya mulai sadar, semuanya bersumber dari pikiran.

Kadang kita tidak sadari, kita menyakiti hati kita sendiri. Kita? maksudnya adalah pikiran kita sendiri. Terlalu berat kita bebani pikiran kita, seperti komputer yang memorinya kita sesaki dengan virus dan malware. Begitu akses, malwarenya muncul, proses sedikit sudah stuck oleh virus.

Mengapa untuk membersihkan Random Access Memory harus dengan restart?Sesekali memang kita harus menggunakan rumus re-start ini agar pikiran kita menjadi jernih kembali,  Sebagai anti virus, harus ada program atau kata-kata yang membuatnya tidak bisa menyebar menguasai ROM yang terbatas ini.

Mungkin ini salah satu cara untuk bisa bahagia

Namun, seperti ungkapan seorang filsuf Albert Capus, “You will never be happy if you continue to search for what happiness consists of. You will never live if you are looking for the meaning of life.”

Jadi kita tahu, waktunya mengendalikan pikiran kita. Jika tidak pikiran dapat mengarah membuat hidup terasa berat saat mencari arti hidup. Akan terasa berat pula jika melihat orang hidup dengan harta berlimpah sementara kita merasa tidak bisa menikmati kekayaan seperti mereka. Ini juga pekerjaan pikiran.

Jadi stop thinking, just keep swimming..

Jalani setiap detik yang masih dapat kita lalui.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *