0

Hati-hati mengenakan Gamis saat Berkendara

Saya masih ingat dengan kejadian rok panjang yang tergulung di teralis di saat berkunjung ke Bekasi, Alhamdulillah tidak sampai jatuh walaupun akhirnya mengorbankan sebagian rok dengan cara digunting. Resiko mengenakan baju yang menutup badan seperti itu. Gamis pun demikian. Kejadian ini teringat lagi dikarenakan cerita dari Abang gojek yang mengantar saya ke kantor tadi pagi.

Beberapa waktu yang lalu di Pancoran terjadi kecelakaan, penumpang ojek onlinenya jatuh karena baju yang tersangkut di teralis motor. Penumpang jatuh dan untungnya cuma luka ringan. Di Kendari beberapa waktu sempat membaca kabar ada yang sampai meninggal karena kecelakaan yang salah satu penyebabnya adalah akibat baju yang dikenakan. Sampai saat ini Kepolisian juga menghimbau untuk tidak menggunakan jas hujan ponco, karena berbahaya di saat hujan.

Memang segala sesuatu sudah ditentukan jalannya, tetapi ada baiknya keamanan berkendara juga menjadi prioritas. Tidak berarti bahwa dilarang bergamis, tetapi sebaiknya mengenakan gamis tidak pada saat berkendara motor. Jika berjalan kaki malah bisa melindungi kita dari tatapan tidak senonoh pihak lain, atau bahkan membuat orang lain bisa teringat dan menjaga pandangannya.

Selain itu gamis pun banyak modelnya, saya lebih suka mengenakan gamis dari katun yang potongannya lurus, sehingga tidak banyak kelebihan kain yang bakal berkibar-kibar diterpa angin. Memang modelnya lebih sederhana tapi lebih aman menurutku.

Dan kalau pun harus mengenakan gamis dengan model A pastikan langkah-langkah berikut:

1. Posisi duduk dengan gamis memang mengharuskan kita duduk menyamping, pastikan tidak ada barang bawaan yang ribet yang kadang mengharuskan kita bergerak. Jika ada sebaiknya dititipkan ke pengendara.
2. Sebaiknya diperhatikan potensi kain dari baju yang bisa berkibar saat berkendara. pastikan kelebihan kain tersebut dilipat, atau diduduki.
3. Jangan memegang HP, karena akan menggoda kita untuk mengintip atau sekadar membaca-baca berita. Sebaiknya dimasukkan di dalam tas sekaligus menghindarkan orang lain berniat jahat karena adanya peluang.

Semoga kita saling bisa mengingatkan dan terhindar dari bahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *