0

Hati hati dengan Uang Kembalian

Kejadian ini baru saja saya alami. Keinginannya cuma untuk share tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan satu pihak. Semoga bisa diterima dengan baik.

Siang ini saya tergesa-gesa menuju ke salah satu restoran fast food yang ada di mall Ambassador. Karena dari hari Jumat malam makannya mie instant terus akhirnya hari ini saya bertekad makan nasi. Indonesia sekali yah, tapi itulah kenyataannya.

Karena weekend suasanya lumayan ramai, antrian di depan kasir lumayan panjang. Saya kebetulan membawa belanjaan dari swalayan jadi memang kesannya ribet. Tiba giliran saya, wanita yang bertugas sebagai kasir seperti biasa menanyakan menu yang saya inginkan. Dan seperti biasa juga saya bertanya “Ayamnya bisa diganti gak?“. Untuk fried chicken memang saya tidak suka dengan bagian sayap dan paha bawa, mungkin karena dagingnya dikit. Akhirnya saya memilih paket yang ayamnya bisa diganti dengan dada tulang, tidak seperti di gambar yaitu sayap saja.

Beruntung juga ada promo, kali ini ice creamnya gratis tapi pakai cone. Saya pikir tidak masalah saya yang  akan mencampurkannya sendiri. “Semuanya 32.000 bu.”  Karena saya memang masih memiliki uang pecahan dua ribu, akhirnya saya memberi uang sebanyak 52.000. Biasa, ini untuk membantu kasir yang biasa kekurangan uang kecil kembalian.  Setelah semua makanan  disiapkan saya merasa ada yang terlupa. Struk dan kembaliannya.

Saya tanyakan kepada kasirnya, dia bilang sudah bu, saya sudah kembalikan. Beruntung saya tidak punya uang pecahan dua puluh ribuan di tas. Akhirnya saya membuka tas dan memperlihatkan isi dompet.

Tidak ada mbak, saya belum terima kembaliannya.”

Sudah tadi bu,” jawabnya agak berkeras

Tapi sekali lagi saya beruntung saya tidak memiliki pecahan dua puluh ribuan. Saya ingatkan lagi tentang uang 52.000 yang saya serahkan sebelumnya. Harusnya memang kembalian itu pas dua puluh ribu.

Akhirnya dia membuka cash machine dan memberikan uang dua puluh ribuan ke saya. Saya minta struknya tetapi jawabnya itu untuk bukti ice cream cone yang gratis. hm.. pantas saja kita jadi tidak awas. Biasanya kembalian diberikan dengan struknya.

Mungkin saja dia tidak memperhatikan dengan baik prosedurnya. Dan lupa dengan uang yang harus dikembalikan.

Ini untuk hati-hati saja. Kadang kita juga sibuk dengan makanan yang sudah kita terima dan akhirnya kita tidak memperhatikan hal kecil yang dapat merugikan.

Semoga ini cuma khilaf dan tidak tertular khilafnya ke yang lain termasuk ke saya

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *