0

Ada yang Salah dalam Diri Saya

Pernah gak teman-teman merasa seperti yang saya rasakan?
Misalnya ya, saat salah seorang teman membuat status tentang keberhasilannya dalam meraih sesuatu, atau postingan tentang kebahagiaan yang dirasakan yang dituangkan dalam gambar.

Ada ya dalam diri saya yang seakan menolak itu. Ih kok bisa dia yang dapat, ih bahagia banget orang itu.

Saya menyadari ini perasaan spontan, sangat jelek menurutku. Kan tidak seharusnya kita berpikir buruk tentang orang lain. Tapi saya merasakannya.

Menyadari hal itu saya jadi mengkategorikan diri saya sebagai manusia sirik. Ya harusnya saya bersikap seperti Nirmala nya Bona, gajah kecil berbelalai panjang. Penuh dengan kasih sayang dan berkeinginan membatu sesama.

Saya kurang kasih sayang 

Saya sadari, perasaan ini berbeda dengan orang yang benar-benar dalam lingkungan saya. Orang yang saya sayangi. Jika mereka mendapat kebahagiaan saya juga ikut merasa bahagia.

Nah kan ketahuan…

Rupanya kasih sayang saya belum sepenuhnya cukup untuk sesama. Saya jadi menemukan indikator bahwa orang ini saya sayangi atau tidak begitu perasaan tersebut muncul.

Dan itu membuat saya dapat belajar mengubah sikap hati saya terhadap orang tersebut, harus lebih menyayanginya.

Karena kasih sayang adalah energi yang terbesar dalam hidup saya ingin memupuknya.

Saya akan memulai dengan lingkaran pertemanan saya sedikit lebih dari yang biasa, artinya terhadap orang-orang yang  tidak terlalu akrab. Progressnya menuju memiliki kasih sayang kepada semua umat. Termasuk orang-orang yang suka nyinyir.

Bisa nda ya? Tetap harus berusaha kan

頑張ります!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *